Pemilihan Ketua PPSP 2012


Pada Senin, 4 Juni 2012 pukul 20.00 WIB di ruang perkuliahan lantai II telah diadakan rapat pemilihan ketua PPSP yang dihadiri oleh perwakilan komponen dan mahasiswa. Acara ini diawali dengan pemaparan kondisi terkini mengenai status pelaksanaan PPSP yang dikabarkan akan dipegang oleh tentara angkatan darat (ZENI).

Ketua DPM, Muhammad Fadhel Jamali, memaparkan bahwa memang ada kabar jika PPSP tahun 2012 akan diamanahkan ke pihak tentara angkatan darat ZENI, namun belum ada kesepakatan dari pihak akademik dan ZENI sendiri. Dalam penyampaiannya juga melibatkan dialog bersama Bu Sri Redjeki selaku Pudir II bahwa pihak akademik tetap membutuhkan bantuan mahasiswa untuk pelaksanaan teknis. Hasil diskusi dengan para pelaksana pemerintahan kampus dan komponen, ada tiga opsi mengenai status pelaksanaan PPSP. Pertama, PPSP diambil alih seluruhnya oleh mahasiswa seperti tahun-tahun sebelumnya. Kedua, mahasiswa dan ZENI bekerja sama dalam pelaksanaan teknis. Ketiga, mahasiswa membentuk PPSP tandingan setelah PPSP oleh pihak akademik jika dua hal sebelumnya memang tidak dapat dikondisikan lagi.

Wakil Ketua DPM, Ekarizki Aryani Mandala Putri kemudian menambahkan bahwa dengan adanya ketua PPSP diharapkan persiapan dari mahasiswa lebih dapat dimaksimalkan. Segala urusan birokrasi dan advokasi, serta strategi akan lebih jelas dan ada penanggungjawabnya jika ketua PPSP yang sebagai sentral pengkoordinasi sudah terpilih.

Jika menurut informasi dari pihak BEM dan DPM menyatakan bahwa akademik dan ZENI belum ada kesepakatan, maka Abdul Rasid, koordinator sie acara PPSP 2011, justru mendapat informasi dari direktur bahwa akademik dan ZENI sudah tanda tangan kontrak.

Rapat yang dilaksanakan malam hari tersebut berlangsung secara dinamis. Pada akhirnya dicalonkan enam orang sebagai ketua PPSP. Dari keenam tersebut yang menjawab siap ketika ditanyai pimpinan rapat adalah Fiki Firmansyah (Menteri Koordinator Bidang Mahasiswa) dan Sudarsono (Wakil Presiden Mahasiswa). Keduanya memaparkan kesiapan dan rencana strategis dalam pelaksanaannya nanti.

Fiki Firmansyah menjelaskan kembali mengenai tiga opsi sebelumnya tentang pelaksana PPSP, juga mempertimbangkan bagaimana sedikitnya waktu yang mahasiswa miliki untuk mempersiapkan. Jika terpilih menjadi ketua PPSP, Fiki akan menunggu output dari hasil advokasi ke akademik terkait kontrak dengan ZENI sampai hari Kamis (7/06/2012). Seminggu setelahnya ia akan membentuk kepanitiaan. Fiki juga akan mengupayakan survei terhadap masyarakat mengenai kondisi ini, menanyakan bagaimana respon mereka. Visi besar Fiki dalam PPSP ini adalah terbentuknya interaksi mahasiswa baru dengan lingkungan kampus yang baik.

Sementara Sudarsono hendak menjadikan PPSP sebagai sentral pergerakan kampus melalui kader-kader pergerakan dari mahasiswa baru yang akan dibentuk. Sudarsono menekankan bahwa pola tindakan yang akan diterapkan adalah proses perubahan dari siswa menjadi mahasiswa karena itulah yang sangat penting. Wapresma ini juga mengatakan bahwa jika ia menjadi ketua PPSP, ia akan mencari partner yitu koordinator acara yang mampu bekerja sama dengan baik.

Makanisme pemilihan dilakukan secara lobi calon selama beberapa menit dan keputusan jatuh kepada Fiki Firmansyah untuk menjalankan amanah sebagai ketua PPSP 2012. Sebelum lobi calon dilaksanakan, dari mahasiswa lain sempat menantang Fiki dan Sudarsono untuk mengalihfungsikan ZENI sebagai pelatih panitia PPSP bukan mahasiswa baru. Hal ini disampaikan karena mengingat bahwa pendidikan militer tidak cocok bagi calon analis, namun yang menjadi permasalahan dan krisis kepercayaan pihak akademik adalah mengenai hal disiplin dan tingkah laku panitia. Oleh sebab itu diusulkan sebelum panitia PPSP membimbing mahasiswa baru, mereka sudah harus dibimbing mengingat komisi kedisiplinan tahun lalu tidak berfungsi dengan baik.

Selamat kepada Fiki Firmansyah. Semoga dengan diamanahkannya ketua PPSP kepada Fiki Firmansyah dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi IMAKA.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Legislator IMAKA

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger